Home » , , , , » Yang Perlu Anda Ketahui tentang Nutrisi Dasar

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Nutrisi Dasar

Written By djunthea on Monday, September 10, 2012 | 9:36 AM


Nutrisi Dasar (Basic Nutrition) adalah nutrisi atau zat gizi dasar yang dibutuhkan oleh kita agar kita dapat bertahan  hidup.

Nutrisi dasar yang dibutuhkan oleh kita agar bisa bertahan hidup diantaranya  yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, dan  air.

Karbohidrat contohnya nasi, kentang, roti akan memberikan tenaga bagi tubuh kita untuk melakukan aktivitas harian tubuh.

Protein adalah zat gizi yang dibutuhkan untuk membangun sel-sel tubuh kita serta mengganti sel-sel yang rusak. Tanpa protein sel yang mati tidak bisa tergantikan atau diperbarui. Jaringan dan otot-otot tubuh serta sistem kekebalan tubuh kita dibangun dari protein. Protein bisa didapatkan pada makanan hewani yang terdapat pada daging, ikan, ayam juga pada makanan nabati (dari tumbuh-tumbuhan) seperti pada tempe dan tahu.

Lemak juga sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita setelah karbohidrat. Lamak akan dipakai bila sebagai sumber energi bila cadangan karbohidrat telah menyusut didalam tubuh. Lemak bisa didapatkan pada bahan makanan daging, ayam atau ikan.

Vitamin dan mineral adalah nutrisi dasar yang dapat mengatur proses-proses didalam tubuh, dia mengatur beragam fungsi jaringan, organ maupun kelenjar didalam  tubuh. Tanpa vitamin & mineral proses pembentukan energi atau tenaga tidak dapat berlangsung dengan baik. Kedua nutrisi ini secara umum tidak dapat dibentuk oleh tubuh kita dan harus didatangkan dari luar.

Air adalah zat gizi dasar yang juga sangat diperlukan didalam tubuh agar fungsi tubuh berjalan dengan baik. Air sangat diperlukan untuk mengatur suhu tubuh hingga proses pembuangan racun.

Kebutuhan minimal akan asam amino (bagian dari protein) , vitamin dan mineral tiap hari dapat diperoleh dengan pola makan berimbang dan bervariasi,tapi kenyataaanya kita seringkali tidak dapat memenuhinya.

Agar mempermudah kita untuk bisa mendapatkan zat gizi dasar tersebut maka para ahli membuatkan suatu bentuk piramida makanan, yang bila diikuti maka tubuh kita mendapatkan nutrisi yang berimbang dan sehat.
Kenyataannya sekarang, banyak dari kita yang tidak dapat mengikuti konsep piramida makanan tersebut (konsep gizi atau nutrisi seimbang), kita seringkali mengkonsumsi makanan yang berlebih dari takarannya dan salah didalam memilih jenis-jenis makanan yang sehat, yang pada gilirannya kita mudah jatuh sakit.

Contohnya kita cenderung banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis (gula) padahal kita membutuhkannya hanya dalam jumlah sedikit. Kita cenderung makan lemak yang berlebih padahal kita banyak bekerja disuatu bidang kerja yang tidak mengeluarkan keringat atau tenaga.

Selain cara dan pemilihan makanan yang salah, kita seringkali kekurangan nutrisi dasar tsb akibat dari kualitas atau kandungan nutrisi dari makanan yang semakin menurun. Coba anda perhatikan sendiri, akibat pengolahan lahan yang terus menerus maka mau tidak mau tanah kekurangan zat yang dibutuhkan untuk tanaman bertumbuh, dan konsekwensinya diberikan pupuk buatan yang ragam nutrisinya tidaklah sebanyak yang alam berikan saat lahan pertama kali digunakan, dan sebagai hasilnya mungkin saja 1 buah apel sekarang nilai nutrisinya jauh lebih sedikit dibanding 1 buah apel di masa lampau.

Faktor lainnya yang membuat  kita kekurangan nutrisi dasar adalah karena kebutuhan yang meningkat akibat kondisi stress ataupun sakit.

Karena kita tidak dapat memenuhi zat gizi dasar yang diperlukan tubuh agar bisa bertahan hidup dan sehat maka kita membutuhkan antara lain suplemen makanan.

Jajaran suplemen makanan Synergy akan mengisi kekurangan atau kesalahan didalam pemilihan jenis makanan tsb.


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Toko Synergy dot Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger